Resep Awug-awug Sagu Khas Jateng

Resep awug-awug sagu khas Jateng. Bagi Anda warga Jawa Tengah khususnya pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama makanan yang satu ini. Awug-awug merupakan salah satu jenis kue basah yang sangat terkenal di Jawa Tengah dan menjadi makanan favorit yang terbuat dari bahan dasar parutan kelapa muda, gula pasir, garam dan berbagai bahan lainnya. Awug-awug memiliki bentuk yang hampir sama seperti pepes dan rasa dari awug ini yaitu manis dan gurih.

Jika Anda datang ke Jawa Tengah sempatkanlah waktu untuk membeli jajanan pasar ini sebagai oleh-oleh atau sekedar cemilan di jalan. Biasanya awug-awug dibungkus menggunakan daun pisang dan proses pembuatannya dengan cara dikukus hingga matang. Namun sayangnya untuk sekarang ini kita sedikit mengalami kesulitan menjumpai makanan ini baik di pasar modern maupun pasar tradisional karena sudah tersisihkan dengan makanan baru yang banyak beredar.

Resep Awug-awug Sagu Khas Jateng

Untuk itu, bagi Anda yang merindukan manisnya awug, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain mudah, jika Anda membuat dalam bentuk banyak seperti untuk acara hajatan? Membuat sendiri lebih dapat menghemat biaya daripada membelinya.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat awug-awug khas Jateng.

Resep Awug-awug Sagu Khas Jateng

Bahan yang digunakan
Sagu mutiara 400 gr
Gula pasir 200 gr
Kelapa muda 500 gr (Diparut)
Garam 1 sdt
Daun pisang secukupnya
Vanilli 1 sdt
Air 3 liter

Cara membuat awug-awug sagu
Untuk membuat awug sagu ini yang pertama harus Anda lakukan adalah merebus air terlebih dahulu hingga mendidih kemudian masukkan sagu mutiara hingga matang. Angkat, tiriskan dan letakkan pada wadah baru kemudian Anda siram menggunakan air es agar sagu tidak legket.
Siapkan wadah untuk mencampur semua bahan yang digunakan. Gunakan wadah yang cukup besar agar ketika dicampur, bahan tidak berceceran ke mana-mana.
Aduk hingga rata semua bahan setelah itu siapkan selembar daun pisang dan masukkan adonan kurang lebih sekitar dua sendok makan dan dibentuk segitiga. Lipat daun pisang kemudian tusuk dengan lidi agar daun pisang tidak membuka ketika dikukus.
Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis, setelah selesai dikukus angkat lalu diamkan beberapa saat agar awug dingin.
Awug-awug sagu siap dihidangkan sebagai cemilan.

Makan awug-awug sagu ini paling nikmat ketika masih dalam kondisi hangat. Nah, bagi Anda yang ingin mencobanya sendiri di rumah, silahkan Anda dapat membeli bahan yang digunakan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Silahkan kreasikan seperti yang Anda inginkan Anda bisa membentuknya dengan bentuk lain.

0 Response to "Resep Awug-awug Sagu Khas Jateng"

Posting Komentar