Resep Nasi Sega Jamblang Cirebon

Resep nasi sega jamblang Cirebon. Salah satu makanan khas masyarakat Cirebon adalah sega jamblang. Pada dasarnya pembuatan sega jamblang ini tidak beda jauh dengan sega atau nasi-nasi pada umumnya, hanya saja untuk penyajiannya sega jamblang menggunakan daun jati sebagai pembungkus. Di Cirebon makanan ini sangat terkenal dan populer bahkan kerap menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan atau warga asing yang melintasi kota tersebut.

Menu yang disediakan biasanya bermacam-macam ada tahu sayur, semur hati, daging, sate kentang, telur dadar, perkedel dan lain-lain. Makanan murah meriah ini sudah sangat terkenal sejak zaman dulu. Tujuan digunakannya daun jati sebagai pembungkus adalah agar nasi jamblang tetap awet dan bertahan lama jika dibandingkan dengan daun pisang.

Resep Nasi Sega Jamblang Cirebon

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba resep membuat sega jamblang silahkan terlebih dahulu Anda siapkan bahan yang digunakan seperti dibawah ini.

Resep Nasi Sega Jamblang Cirebon


Bahan yang digunakan
Nasi putih 1000 gr
Bahan tempe goreng
Tempe 200 gr
Bawang putih 2 siung
Air 150 ml liter
Garam secukupnya
Minyak goreng

Bahan sambal
Cabe merah besar 6 buah
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus sambal
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 2 butir
Terasi ½ sdt
Tomat 1 buah
Garam ½ sdt
Ebi ½ sdt
Gula pasir 1 sdt

Bahan tahu kuah kecap
Bawang merah 7 butir
Cabe merah 5 buah
Bawang putih 4 siung
Tomat 1 buah
Air 500 ml liter
Tahu 10 buah
Garam ½ sdt
Kecap manis 5 sdm
Merica bubuk ¼ sdt
Minyak goreng 2 sdm

Cara membuat nasi sega jamblang Cirebon
1. Langkah pertama kita buat tempe goreng. Rendam tempe dengan bawang putih, air dan garam selama kurang lebih 10 menit baru kemudian masak hingga matang menggunakan minyak.
2. Setelah itu, buat tahu kecap kuah yang bahannya telah kami sebutkan di atas. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih tomat dan cabai hingga muncul aroma wangi.
3. Masukkan tahu, air, kecap manis, garam dan merica secukupnya. Aduk terus hingga bumbu tercampur rata kemudian tiriskan.
4. Buat sambal : Bahan sambal juga sudah kami sebutkan, tumis bumbu halus bersama cabai yang diiris hingga layu.
5. Jika semua sudah digoreng matang, langkah terakhir tinggal sajikan bersama nasi putih.

Nasi putih, tahu kuah kecap, ikan jambal, tempe, telur dadar dan sambal disajikan menggunakan daun jati sebagai pembungkus maka jadilah sega jamblang. Mudah bukan cara membuatnya? Silahkan Anda coba sendiri di rumah dengan bahan yang telah kami sebutkan tadi. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Nasi Sega Jamblang Cirebon"

Posting Komentar