Resep Gulai Rebung Kacang Merah

Resep gulai rebung kacang merah. Saat acara-acara besar seperti perayaan hari besar keagamaan, sat sedang ada kegiatan tertentu, tentunya tidak akan lepas dari sajian kuliner khasnya. Mungkin kita akan sangat mudah untuk menemukan sajian gulai di saat kegiatan-kegiatan besar di daerah kita. Ya, Gulai memang merupakan salah satu makanan khas yang selalu ada di setiap hari-hari penting.

Gulai merupakan mmasakan yang dibuat dengan kuah pekat dan juga gurih karena santan yang menjadi salah satu bahan utamanya. Bahan dasar yang biasa dijadikan gulai biasanya daging sapi, daging kambing, atau bahan makanan lainnya yang berbentuk daging. Semua itu akan menjadi suatu perpaduan khas yang sangat istimewa.

Resep Gulai Rebung Kacang Merah

Kali ini kami akan membagikan salah satu resep gulai. Namun bukan gulai daging seperti biasanya melainkan gulai rebung. Ya, rebung merupakan tumbuhan bambu muda. Seperti apakah resepnya? Berikut ini resep gulai rebung kacang merah.

Resep Gulai Rebung Kacang Merah

Bahan yang diperlukan
400 gr rebung, potong-potong,
150 gr daging sengkel, potong-potong
125 gr kacang merah segar
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
4 lbr daun jeruk
1 lbr daun kunyit
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdm air asam jawa, dari 1 sendok teh asam jawa dan 3 1/2 sendok teh air
1.250 ml air

Bumbu Halus
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
1 sdt ketumbar butiran, sangrai
6 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt terasi, goreng

Cara Membuat
Rebus air dan juga daging sampai mendidih dan juga daging menjadi empuk. Ambil kaldunya sebanyak 1.000 ml. Rebus lagi dengan daging. Tambahkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, dan lengkuas. Aduk hingga rata. Masak hingga harum. Masukkan rebung dan juga kacang merah. Didihkan lagi, kemudian tambahkan santan. aduk hingga rata. Tambahkan garam dan juga gula pasir. Masak sambil diaduk sampai matang. Masukkan air asam. Aduk hingga rata.

Itulah resep gulai rebung kacang merah yang pastinya lezat dan nikmat. Mudah bukan? Jika Anda menginginkan hal yang unik dan juga menarik, menu yang satu ini dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk Anda. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Gulai Rebung Kacang Merah"

Posting Komentar