Resep Sate Ayam Ponorogo

Resep Sate Ayam Ponorogo. Indonesia sangat kaya dan juga sangat menarik untuk dibahas. Setiap daerah memiliki keunikan dan juga kekhasan tersendiri dari setiap masakan yang diciptakannya. Makanan tersebut juga merupakan salah satu jati diri dari daerah tersebut dan mencerminkan suatu kebudayaan yang ada di dalamnya.

Ketika kita mendengar kata ‘Ponorogo’ mungkin ingatan kita akan tertuju pada salah satu karya seni yang sangat terkenal di Indonesia yakni reog Ponorogo. Tapi ternyata selain karya seni tersebut, Ponorogo juga memiliki salah satu makanan khas yang tentunya sangat enak yakni sate ayam ponorogo.

 Resep Sate Ayam Ponorogo

Bagaimana cara membuatnya? Apa saja bahan yang diperlukannya? dan apa perbedaannya dengan sate ayam dari daerah lain? Daripada Anda penasaran, berikut ini resep sate ayam ponorogo khusus untuk Anda.

Resep Sate Ayam Ponorogo

Bahan-bahan yang diperlukan
500 gram ayam kampung, ambil dagingnya
20 buah tusuk sate
4 buah lontong siap santap, iris
2 sdm bawang merah goreng, untuk taburan

Bumbu Perendam, Haluskan
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1 cm lengkuas
1⁄2 sdt ketumbar butiran 1⁄4 sdt jintan
1⁄4 sdt gula merah
1⁄4 sdt garam

Bahan Pencelup (Aduk Rata)
4 sdm minyak ayam
2 sdm kecap manis
1 sdm gula merah

Bumbu Kacang
100 gram kacang tanah goreng, sangrai
3 buah cabai merah keriting, sangrai
2 butir kemiri, sangrai
300 ml air
1 sdt garam
1 sdt gula merah

Cara Membuat
Pertama lumuri ayam dengan menggunakan bumbu perendam. Biarkan selama kurang lebih 30 menit. Tusuk ayam yang berbumbu dengan memakai tusuk satai. Celupkan sate ke dalam bumbu pencelup. Bakar di atas bara api sampai matang. Kemudian angkat.
Untuk membuat bumbu kacang, haluskan kacang, cabai merah keriting, dan juga kemiri. Tambahkan air, garam, gula merah, dan juga

bumbu halus di dalam panci kecil. Masak sampai matang dan juga mengental. Sajikan sate disiram bumbu kacang dan ditaburi bawang merah goreng. Bila mau, sajikan dengan ditemani lontong.

Untuk menghidangkannya, sajikan sate di atas piring saji lalu sirami dengan bumbu kacang lalu taburi dengan bawang goreng. Jangan lupa pula untuk menghidangkan sate tersebut lengkap dengan lontong tadi. Selamat mencoba!

0 Response to " Resep Sate Ayam Ponorogo"

Posting Komentar