Resep Sate Lilit Khas Bali

Resep sate lilit khas Bali. Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang tidak hanya disukai oleh hampir semua masyarakat Indonesia tetapi juga oleh masyarakat mancanegara khususnya Asia Tenggara. Sate ini memang mempunyai rasa khas dan juga cara penyajiannya yang unik.

Umumnya sate di buat dengan bahan dasar daging seperti daging sapi, daging ayam, dan juga daging kambing. Namun selain itu, saat ini banyak juga bahan-bahan lain yang diolah menjadi sate contohnya sate dari berbagai macam bahan seperti seafood atau makanan yang lainnya.

Resep Sate Lilit Khas Bali

Seperti resep yang akan kami bagikan kali ini yaitu resep sate lilit khas bali. Sate ini menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Caranya pun unik karena tidak dipotong-potong lalu ditusukkan satu persatu namun di haluskan lalu dililitkan pada tusuk satenya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut resep sate lilit khas bali khusus untuk Anda.

Resep Sate Lilit Khas Bali

Bahan Dasar
250 gr udang, bersihkan
250 gr ikan makerel atau ikan yang berdaging putih tanpa tulang lainnya
50 gr kelapa parut
3 sdm santan kental
6 lbr daun jeruk
2 sendok makan gula Jawa
Paprika merah, potong-potong
Tusukan bambu

Bahan Bumbu Halus
8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kencur
1 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit segar

Cara Membuat
Haluskan semua bahan bumbu sampai membentuk campuran bumbu yang sangat halus kemudian sisihkan. Campurkan udang dan juga ikan, kemudian haluskan. Masukkan kelapa parut dan juga santan, campur hingga rata. Masukkan bumbu halus, kemudian aduk. Masukkan pula garam dan juga gula. Apabila adonan itu terasa terlalu kering, masukkan 1 butir putih telur juga sedikit minyak zaitun. Rekatkan adonan itu pada tusukan bambu dengan cara di remas-remas dengan tangan, dan adonan harus menempel sempurna. Panggang atau bakar sate sampai warnanya kecoklatan dan sate pun matang. Sajikan ketika hangat.

Itulah resep sate lilit khas Bali yang tentunya enak dan juga khas. Menu yang satu ini juga relatif mudah sehingga dapat Anda coba sendiri di rumah. Selamat Mencoba!

0 Response to "Resep Sate Lilit Khas Bali"

Posting Komentar