Resep Puding Tape Ketan Hijau

Resep puding tape ketan hijau. Indonesia memang kaya sekali dengan keanekaeagaman masakan serta makanan yang tentunya sangat khas dan juga unik. Tak hanya beberapa, tapi sangat sangat banyak macam dari makanan khas tersebut. Dan uniknya meskipun satu negara, tapi disetiap daerahnya memiliki kaekhasan tersendiri.

Salah satu makanan yang sangat populer yaitu tape. Tape sendiri merupakan makanan fermentasi yang biasa dibuat dari ketan atau singkong. Selain lezat dimakan langsung, tape ini juga sangat lezat dipadukan dengan berbagai macam makanan. Seperti yang kali ini akan kami bagikan yaitu puding tape ketan hijau.

Resep Puding Tape Ketan Hijau

Seperti apakah rasanya? Yang pasti tentunya akan sangat istimewa dan tentu Anda pasti suka. Daripada penasaran, berikut ini resep puding tape ketan hitam yang kami bagikan khusus untuk Anda.

Resep Puding Tape Ketan Hijau

Bahan I
500 ml air kelapa muda
1/4 sdt garam
50 gram gula pasir
3 tetes pewarna hijau
1/2 sdt selasih, rendam air,

Bahan II
1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 buah daun pandan ikat
1 bungkus agar-agar bubuk
1 sendok teh jeli bubuk
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
3 tetes pewarna hijau
75 gr tape ketan hijau, tiriskan

Cara Membuat
Untuk puding I, rebuslah air kelapa, agar-agar, jeli bubuk, gula, serta pewarna sembari diaduk hingga mendidih. Masukkan selasih. Aduk dengan cara menyebar. Bagi menjadi empat adonan. Satu bagian tuangkan ke dalam loyang berukuran 24x10x7cm. Lalu diamkan hingga setengah beku.
Untuk puding II, rebuslah santan, daun pandan, agar-agar, jeli bubuk, gula, serta garam sembari diaduk sampai mendidih. Bagi menjadi dua bagian. Masukkan pewarna hijau di satu bagian puding II. Aduk hingga rata. Bagilah menjadi dua adonan. kemudian sisihkan. Satu bagian lagi masukkan tape ketan hijau. Aduk sampai menyebar. Tuangkan satu bagian puding II yang tidak memakai tape ketan hijau di atas puding I.
Diamkan setengah beku. Panaskan satu bagian puding I sampai mendidih. Tuangkan di atas puding II. Diamkan hingga setengah beku. Panaskan puding II yang memakai tape ketan hijau sampai mendidih. Tuangkan diatas puding I. diamkan hingga setengah beku. Panaskan satu bagian puding I sampai mendidih. Tuangkan diatas puding II lalu diamkan setengah beku. Tuangkan satu bagian puding II yang tidak memakai tape ketan hijau di atas puding I. Diamkan hingga setengah beku. Panaskan satu bagian puding I sampai mendidih. Tuangkan di atas puding II. Kemudian dinginkan.

Itulah resep puding tape ketan hijau yang tentunya lezat dan juga sangat istimewa. tentunya Anda dan keluarga pun akan sangat suka. Makanan ini sangat enak untuk disajikan sebagai makanan penutup dalam acara makan Anda. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Puding Tape Ketan Hijau"

Posting Komentar