Resep Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Resep perkedel ikan tongkol. Jika berbicara tentang perkedel, banyak bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat perkedel seperti kentang, tahu dan salah satunya adalah ikan tongkol. Ikan tongkol dapat diolah menjadi sebuah perkedel yang enak, gurih dan tentunya banyak disukai hampir semua kalangan. Salah satu bahan yang wajib digunakan untuk membuat perkedel adalah telur. Anda dapat menggunakan telur ayam sebagai perekat dan membuat perkedel semakin mengembang.

Resep membuat perkedel ikan tongkol tidaklah sulit dan hampir sama seperti membuat perkedel pada umumnya. Yang membedakannya hanyalah pada bahan dasar yang digunakan. Perkedel biasanya digunakan sebagai lauk baik untuk sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Atau perkedel dapat digunakan sebagai cemilan yang enak dan gurih semua tergantung selera kita masing-masing.
Resep Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Ikan tongkol memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan maupun kecerdasan sehingga baik dikonsumsi anak yang tengah menjalani proses perkembangan dan pertumbuhan. Baiklah, langsung saja silahkan Anda siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel ikan tongkol dibawah ini.

Resep Perkedel Ikan Tongkol


Bahan-bahan yang digunakan
Ikan tongkol 100 gr (digiling)
Kentang 250 gr
Bawang merah goreng ½ sdm
Garam ¾ sdt
Cabe merah 2 buah
Merica bubuk ½ sdt
Telur 1 butir
Daun kemangi 2 tangkai
Mainyak 1 sdm untuk menumis
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan-bahan bumbu perkedel ikan tongkol
Kunyit 1 cm
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 2 butir
Kencur 1 cm
Daun jeruk 2 lmbr
Jahe ½ cm

Cara membuat perkedel ikan tongkol
Untuk membuat perkedel ikan tongkol, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan memanaskan minyak kemudian tumis semua bahan bumbu hingga wangi kemudian angkat.
Jika sudah, campurkan kentang, ikan tongkol, cabe merah keriting, merica bubuk, garam, telur dan bumbu halus yang telah Anda buat tadi aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.
Jangan lupa tambahkan pula daun kemangi dan bawang goreng agar perkedel memiliki aroma yang khas ketika dicium dan digigit.
Bentuk adonan sesuai selera. Anda dapat membentuknya seperti bakso atau dipipihkan dan ukuran silahkan Anda sesuaikan sendiri.
Jika seluruh adonan telah dipipihkan, langkah terakhir silahkan Anda goreng adonan tersebut di atas minyak yang telah dipanaskan dengan api yang sedang. Jika sudah matang segera angkat dan tiriskan. Lanjutkan hal tersebut hingga seluruh adonan habis.
Perkedel ikan tongkol siap disajikan.

Jika dilihat dari bahan dasar yang begitu kumplit, tentunya rasa yang dihasilkan pun pastinya sangat enak dan menggugah selera. Silahkan Anda coba membuat perkedel ikan tongkol ini sendiri dan semoga Anda makin dicintai oleh keluarga Anda.

0 Response to "Resep Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih"

Posting Komentar