Resep Bubur Manado Tinutuan Asli Enak

Resep bubur Manado Tinutuan asli enak. Indonesia memang kaya akan kuliner khas yang diwariskan oleh leluhur kita, setiap daerah diketahui selalu ada saja menu khas yang menjadi andalan. Begitu juga dengan Manado, ada apa di daerah Sulawei Utara ini? Manado memiliki kuliner yang tidak kalah dengan daerah lain, sebut saja bubur Manado atau disebut juga dengan Tinutuan.

Bubur Manado atau Tinutuan merupakan salah satu makanan khas yang terbuat dari beras dan disajikan dengan berbagai sayur-sayuran, lantas apa bedanya bubur Manado dengan bubur-bubur pada umumnya? Sebenarnya bubur ini tidaklah beda, hanya nama, sayuran dan tanpa daging saja yang jadi pembeda. Bubur Manado dikenal tidak hanya di Manado, namun kini di berbagai daerah sudah banyak bubur yang satu ini, penjualnya pun sudah ada dimana-mana.

Resep Bubur Manado Tinutuan Asli Enak

Bagi Anda yang sudah mencicipi bubur Manado tentu saja sudah merasakan enak dan nikmatnya masakan khas Manado ini. Oleh karena itu, untuk menghindari dan juga menghemat uang jajan, tidak ada salahnya kita mencoba resep bubur Manado Tinutuan asli ini di rumah. Cara membuat bubur Manado Tinutuan ini juga tidak jauh berbeda dengan bubur lainnya, baca resepnya, siapkan bahan-bahannya dan ikut langkah-langkah pembuatan bubur ini. That’s it!

Resep Bubur Manado Tinutuan Asli


Bahan-bahan dan bumbu-bumbu bubur Manado
500 gr beras, (cuci, tiriskan)
300 gr labu kuning
2 bh jagung, (sisir)
200 gr ubi jalar
100 gr daun melinjo muda
100 gr daun bayam
100 gr daun kangkung
2 ikat kacang panjang
50 gr daun kemangi
4 sdt garam
air secukupnya

Cara membuat bubur Manado Tinutuan
Tuangkan air lebih kurang 3 cm hingga 5 cm di atas permukaan beras yang sebelumnya telah dicuci hingga bersih. Kemudian, rebuslah sampai setengah matang.
Kemudian, masukkan potongan-potongan labu kuning, ubi jalar dan jagung. Kembali direbus hingga matang.
Masukkan sayuran satu persatu ke dalam bubur. Kemudian dimasak hingga semua benar-benar matang dan bubur Manado kental.
Angkat, lalu sajikan.

Bubur Manado atau Tinutuan ini sangat cocok untuk disantap saat sarapan, terutama bersama keluarga tercinta sebelum beranjak beraktivitas. Rasanya yang gurih dan enak akan membuat penikmatnya ketagihan. Bubur ini juga pas untuk dihidangkan saat malam hari, saat udara dingin dan akan membuat suasana menjadi hangat.

Demikian resep bubur Manado Tinutuan asli dan enak ini, sudah sepatutnya Anda mencoba sendiri untuk membuat membuatnya di rumah. Selain dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, cara pembuatan yang mudah dan resep yang lengkap akan membuat bubur Manado buatan Anda menjadi santapan yang spesial. Selamat berkreasi dan selamat mencoba!

0 Response to "Resep Bubur Manado Tinutuan Asli Enak"

Posting Komentar