Resep Empal Gentong Khas Cirebon

Resep empal gentong khas Cirebon. Empal gentong merupakan makanan khas masyarakat Cirebon, provinsi Jawa Barat. Makanan ini menyerupai masakan gulai atau gule dan diolah dengan memakai kayu bakar dari pohon mangga dan di masak di dalam gentong atau periuk dari tanah liat. Daging yang dipakai merupakan usus, babat dan juga daging sapi. Empal gentong adalah makanan yang berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Selain memakai kayu bakar dan juga gentong, makanan ini dihidangkan dengan memakai kucai dan juga sambal yang merupakan cabai kering giling. Empal gentong bisa dihidangkan dengan nasi maupun juga lontong. Lontong versi orang Cirebon adalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang telah dibentuk silinder, tak ada campuran yang lain, lalu direbus kurang lebih 4 jam.

Resep Empal Gentong Khas Cirebon

Kali ini kami akan membagikan resep empal gentong yang tentunya enak dan lezat. Tanpa berlama-lama, ini dia resep empal gentong khas Cirebon khusus untuk Anda.

Resep Empal Gentong Khas Cirebon

Bahan-bahan
150 gram babat sapi rebus, potong-potong
200 gram limpa sapi, rebus, potong-potong
250 g daging sapi sandung lamur, rebus, potong-potong
1 1⁄2 liter kaldu sapi
3 lbr daun salam
2 btg serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
300 ml santan encer dari 1⁄2 butir kelapa
2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Yang dihaluskan
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 butir kemiri, disangrai
3 cm kunyit bakar
1 sdt merica putih bubuk

Cara Membuat
Pertama siapkan panci. Di dalam panci, panaskan minyak dengan api sedang. Tumis semua bumbu yang dihaluskan, daun salam, dan juga serai sampai harum. Kemudian tambahkan babat, limpa, dan juga daging, lalu aduk hingga rata. Masukkan kaldu, garam, dan juga gula, lalu didihkan. Masukkan santan, masak sampai matang sembari diaduk. Angkat. Sajikan selagi hangat ditemani dengan berbagai macam pelengkapnya.

Itulah resep empal gentong khas cirebon yang tentunya sangat nikmat dan lezat. Tidak perlu repot-repot datang ke Cirebon hanya untuk menikmati menu yang satu ini. Jika Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, kenapa tidak? Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Empal Gentong Khas Cirebon"

Posting Komentar