Resep Ayam Bakar Taliwang

Resep ayam bakar taliwang. Ayam bakar merupakan salah satu makanan yang tentunya tidak membuat orang yang memakannya merasa bosan. Ayam bakar memang memiliki ciri khas tersendiri dan juga memiliki rasa yang tentunya sangat istimewa dan unik. Tidak hanya itu, ayam bakar juga sangat pas untuk disajikan untuk segala suasana.

Resep ayam bakar sendiri sangat banyak dan bermacam-macam. Tergantung pada bumbu yang digunakannya. Resep ayam bakar yang cukup banyak dikenal yaitu ayam bakar bumbu kecap, ayam bakar bumbu rujak, atau ayam bakar taliwang seperti yang akan kami bagikan kali ini.

Resep Ayam Bakar Taliwang

Ayam bakar taliwang sendiri merupakan ayam bakar khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Ayam ini dibakar dengan menggunakan bumbu yang memiliki cita rasa pedas. Nah, penasaran? Berikut ini resep ayam bakar taliwang khas yang kami bagikan untuk Anda.

Resep Ayam Bakar Taliwang

Bahan yang diperlukan
1 ekor ayam kampung, belah dua tanpa putus
2 buah jeruk limau
1/2 sendok teh garam
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula merah sisir
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Yang dihaluskan
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
6 buah cabai merah besar, bakar
8 buah cabai merah keriting, bakar
4 buah cabai rawit merah, bakar
5 butir kemiri, sangrai
1 1/2 sendok teh terasi, sangrai

Cara membuat
Lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk limau dan juga garam. Biarkan selama kurang lebih 20 menit. Bakar di atas bara api sembari dibolak-balik hingga setengah matang. Kemudian sisihkan. Selanjutnya panaskan minyak di atas wajan, Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan santan, garam, dan juga gula merah. Aduk hingga rata. Masak sembari sesekali diaduk hingga mendidih. Lalu masukkan ayam. Masak di atas api kecil hingga meresap dan juga matang. Bakar ayam sembari dioles dengan sisa bumbu serta dibolak-balik hingga harum. Ayam bakar pun siap disajikan.

Itulah resep ayam taliwang yang tentunya enak dan sangat mudah untuk dipraktikan. Sajikan ayam bakar ini lengkap dengan nasi hangat dan juga lalapan segar. Hmm tentunya lezat bukan? Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Ayam Bakar Taliwang"

Posting Komentar