Resep Cumi Goreng Tepung Saus Padang

Resep cumi goreng tepung saus Padang. Cumi memang sangat lezat di masak dengan cara apapun dan dengan bumbu apapun, termasuk di masak dengan menggunakan tepung dan juga saus padang. Apalagi dengan penampilannya yang menarik, menjadikan  yang melihatnya tentu akan berselera ingin menyantapnya.

Cumi merupakan salah satu makanan laut yang memiliki banyak fans, tentu hal ini bukan tanpa alasan, cumi memang memiliki rasa yang khas dan sangat gurih sehingga tidaklah heran jika makanan yang satu ini sangat menjadi favorit banyak orang.

Resep Cumi Goreng Tepung Saus Padang

Kali ini kami akan membagikan salah satu resep olahan cumi yaitu resep cumi goreng tepung saus padang. Hmm dari namanya saja tentu sudah membuat Anda ngiler bukan. Nah, berikut ini resepnya khusus untuk Anda.

Resep Cumi Goreng Tepung Saus Padang

Bahan
350 gram cumi, bersihkan, potong bulat
1 sendok makan air jeruk nipis
minyak, untuk menggoreng

Bahan Pencelup (aduk Rata)
75 gram tepung terigu
150 ml air es
1/2 sendok teh garam

Bahan Pelapis (aduk Rata)
180 gram tepung terigu
2 sdm tepung beras
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Bahan Saus Padang
1 bh bawang bombay, diiris panjang
2 bh cabai merah besar, dipotong bulat
1 sdm saus tiram
6 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1/2 sdm tepung sagu dan 1 sendok makan air, untuk mengentalkan
2 btg daun bawang, dipotong miring
350 ml air
2 sdm margarin, untuk menumis

Bumbu Halus
3 bh cabai merah keriting
3 siung bawang putih
2 cm jahe

Cara membuat
Lumuri cumi dengan menggunakan air jeruk nipis. Biarkan selama 20 menit. Gulingkan cumi ke dalam bahan pelapis, celup ke dalam bahan pencelup, kemudian gulingkan kembali ke dalam bahan pelapis tersebut. Goreng diatas api sedang hingga matang. lalu tiriskan.
Panaskan margarin lalu Tumis bawang bombay, cabai merah besar, dan juga bumbu halus hingga harum.
Tambahkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, garam, dan juga merica bubuk. Aduk hingga rata. Tuangkan air. Masak hingga mendidih.
Tambahkan daun bawang. Aduk hingga rata. Masak hingga matang. Kentalkan dengan menggunakan larutan tepung sagu. Masak hingga meletup-letup. Lalu angkat.

Itulah resep cumi goreng tepung saus padang yang tentuya lezat dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu masakan favorit keluarga Anda. Untuk menyajikannya, tata cumi di atas piring, lalu siram dengan saus padang. Jangan lupa pula untuk menghiasnya agar tampilannya menjadi semakin menarik. selamat mencoba!

0 Response to "Resep Cumi Goreng Tepung Saus Padang"

Posting Komentar