Resep Nasi Goreng Magelangan

Resep nasi goreng magelangan. Selain memiliki keragaman budaya dan juga adat istiadat, Indonesia juga memiliki keunikan makanan dan juga keberagaman makanan tersebut. Hal itu tentu sudah menjadi rahasia umum. Bukan hanya masyarakat lokal saja yang menyukai masakan tersebut, namun masyarakat mancanegara pun telah banyak mengetahui serta menyukainya.

Salah satu adat kebiasaan orang Indonesia yang berkaitan dengan makanan adalah hidangan ketika sarapan pagi. Ya, nasi goreng tentunya sudah menjadi pemandangan yang akan selalu kita lihat di meja makan pada pagi hari. Hidangan yang satu ini memang dianggap mudah dan praktis sehingga cocok untuk dijadikan menu sarapan pagi.

Resep Nasi Goreng Magelangan

Salah satu resep nasi goreng yang khas yaitu nasi goreng megelangan. Nasi goreng magelangan ini memiliki keunikan dan juga citarasa yang berbeda sebab diciptakan dengan kombinasi kaldu ayam dan juga mie kering telor yang pada mulanya diperkenalkan oleh warung-warung nasi goreng di daerah Magelang, Jawa Tengah, yang dari nama kota itulah nama nasi goreng magelangan berasal. Berikut ini resepnya untuk Anda.

Resep Nasi Goreng Magelangan


Bahan-bahan
400 gram nasi putih
1/2 ekor ayam
100 gram mie kering telur, rebus
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
3/4 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang, iris halus
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 buah tomat iris, untuk hiasan pelengkap
1 sendok bawang goreng, taburan

Bumbu Halus
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai

Cara Membuat Nasi Goreng Magelangan
Rebus ayam dengan menggunakan 500 ml air sampai matang. Angkat. Suwir-suwir ayam menjadi bagian kecil lalu ukur 50 ml air kaldunya. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng. Lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan ayam. Aduk hingga rata. Masukkan kecap manis, garam, dan juga merica bubuk. Aduk hingga rata. Tuangkan air kaldu ayam. Masak hingga air kaldu meresap. Tambahkan nasi putih dan juga mie. Aduk hingga bumbu tercampur dan juga matang. Masukkan daun bawang. Aduk hingga rata. Tuangkan dalam piring lalu hiasi dengan menggunakan irisan tomat lalu taburi dengan bawang goreng.

Itulah resep nasi goreng magelangan yang tentunya khas dan unik. Resep nasi goreng ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk menu sarapan pagi keluarga Anda. Jadikan sarapan pagi Anda menjadi lebih istimewa dengan masakan ini. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Nasi Goreng Magelangan"

Posting Komentar