Resep Gogoso Kambu Khas Makassar

Resep gogoso kambu khas Makassar. Gogos atau gogoso merupakan makanan tradisional khas Makassar yang menyerupai dengan lemper khas Jawa ataupun lalampa dari Menado. Bentuknya lebih panjang dan sedikit langsing daripada lemper. Gogos ada yang tidak menggunakan isian dan ada juga yang disajikan dengan isian. Nah yang memakai isian inilah yang dinamai gogoso kambu atau gogos isi. Isinya umumnya dari ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan juga bumbu.

Gogos ini tidak termasuk snack atau jajan untuk nyemil. Tapi sebagai makanan utama yang menggantikan nasi. Umumnya digunakan untuk bekal jika sedang bepergian. Jika di daerah Sulawesi, persinggahan bus itu tentu dipadati dengan para penjual gogos ini.

Resep Gogoso Kambu Khas Makassar

Nah, kali ini kami akan membagikan salah satu resep gogoso kambu atau gogos yang memiliki isi. Supaya Anda tidak penasaran, ini dia resep gogoso kambu khas makassar khusus untuk Anda.

Resep Gogoso Kambu Khas Makassar

Bahan ketan
500 gram beras ketan putih, rendam 2 jam
300 ml santan
1 sdt garam
pandan

Bahan isian
2 ekor ikan tongkol ukuran sedang, bakar lalu buang tulang dan suwir
1/4 biji kelapa parut (sangrai sampai kecoklatan, setelah dingin tumbuk agak kasar)
3 sdm minyak untuk menumis bumbu

Bumbu halus :
2 buah cabe merah
5 buah cabe rawit (kalau suka pedas)
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
garam secukupnya
gula merah secukupnya

Olesan
santan kanil dan sedikit garam

Cara membuat
Untuk membuat isian, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai wangi. Tambahkan ikan tongkol yang telah suwir. Aduk sampai bumbu bercampur. Masukkan sedikit air supaya bumbu dapat lebih tercampur. Sesudah air menyusut, masukkan kelapa sangrai kemudian aduk hingga rata. Masak sembari diaduk aduk terus hingga isian menjadi kering seperti abon. Matikan api. kemudian Sisihkan.
Untuk membuat ketannya, beras ketan setelah ditiriskan, kukus ketan dengan daun pandan hingga setengah matang kira-kira 15 menit. Kemudian angkat. Didihkan santan dan garam di dalam panci. Tambahkan ketan, aduk hingga santan terserap habis. Kukus ketan lagi selama kurang lebih 30 menit sampai matang. Angkat.
Ambil 2 lembar daun pisang. Sendokkan ketan di dalam plastik. Padatkan lalu pipihkan. tambahkan isian ikan. Tangkupkan lalu padatkan.
Letakkan di dalam daun dan oleskan santan kanil ke dalam daun tersebut. Gulung lalu Semat dengan lidi. Siapkan bara api ataupun kompor. Panggang gogos dengan menggunakan api sedang hingga wangi. Bagian kulit agak kering namun bagian dalam masih lembut.

Itulah resep gogoso kambu khas makassar. Jika Anda sudah pernah membuat lemper, tentu untuk membuat gogoso ini tidaklah akan terasa sulit. Jadi jangan takut untuk mencoba ya!

0 Response to "Resep Gogoso Kambu Khas Makassar"

Posting Komentar