Tips Membuat Kue Modern Berlapis

Sebetulnya baik cake maupun roti bisa kita buat berlapis. Tetapi umumnya disebut kue lapis dalam kue modern sebetulnya adalah kue lapis legit. Namun yang akan kita bahas disini bukan kue lapis legit. Hanya sekadar  cake yang dibuat berlapis.

Cake bisa dibuat berlapis dengan dua cara.
Pertama, cake dibuat berlapis di dalam oven. Jadi, adonan dituang lalu dioven. Kemudian tuangi lagi dan kembali dioven. Begitu seterusnya sampai adonan penuh di loyang.
Kedua, cake dibuat berlapis karena setelah matang. Tentu saja dalam hal ini, antara kue yang satu dengan yang lain harus direkatkan dengan selai atau krim.
Yang rumit adalah teknik yang pertama. Pengadonan harus diperhatikan betul agar adonan selalu stabil. Untuk mudahnya Anda bisa menggunakan emulsifier seperti TBM atau SP.

Tips Membuat Kue Modern Berlapis

Lapisan pertama biasanya menggunakan api bawah. Setelah beberapa lapis, barulah digunakan api atas. Banyaknya adonan yang dituang setiap lapisannya tergantung pada tinggi lapisan yang dikehendaki. Berapa pun tinggi kue tiap lapisnya, sama indahnya, kok.
Asal besar lapisannya sama, Anda bisa menakarnya dengan sendok. Kalau tidak punya sendok besar, timbang dulu adonan lalu bagi rata.

Kematangan tiap lapisan kue harus diperhatikan betul. Karena kalau kue kurang matang, garis-garis lapisannya tidak terlihat sehingga sepintas tampak tidak seperti cake lapis. Sebaliknya kalau kue dioven terlalu hitam, garis-garis tiap lapis jadi jelak karena warnanya tidak indah. Garis-garis tiap lapis juga bisa dipertegas dengan penambahan cokelat bubur yang ditaburkan di atas lapisan kue saat adonan kue baru dituangkan.

Cake lapis seperti ini tak hanya bisa dibuat dengan cara dioven, Kalau Anda ingin membuatnya dalam bentuk dikukus juga, bisa kok.
Tekniknya juga sama. Tetapi kue lapis yang dikukus tidak bisa bewarna cokelat hingga antara tiap lapisan tidak nampak jelas. Untuk membuat lapisan tampak jelas, cake yang dikukus kerap diberi warna macam-macam. Atau seperti tadi diatas, taburkan cokelat bubuk.

Berikut resep LAPIS KUKUS PELANGI :


BAHAN :
4 butir telur
125 gram gula pasir
1/2 sdt SP
1/4 sdt garam
100 gram tepung terigu segitiga
1/4 sdt baking powder
80 ml santan dari 1/4 butir kelapa
warna merah, kuning dan hijau

CARA MEMBUAT :
1. Kocok telur, gula dan SP sampai mengembang.
2. Masukkan garam, tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata, bergantian dengan santan.
3. Tuang santan sedikit-sedikit, aduk perlaham. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tambahkan warna merah, kuning dan hijau.
4. Tuang 1/2 bagian adonan merah di dasar loyang loaf 10x24x7 cm. Kukus selama 10 menit.
5. Tambahkan adonan 1/2 bagian adonan kuning di atas lapisan 1 lalu kukus selama 10 menit.
6. Lapisi lagi dengan 1/2 bagian adonan hijau lalu kukus selama 10 menit.
7. Lakukan sampai adonan habis. Terakhir kukus selama 15 menit.

untuk 10 potong.
sumber saji

0 Response to "Tips Membuat Kue Modern Berlapis"

Posting Komentar