Resep Gulai Cumi Isi Daun Singkong

Resep gulai cumi isi daun singkong. Sebagai negara yang mempunyai tanah yang subur, menjadikan Indonesia menjadi negara yang mempunyai berbagai macam tanaman yang tumbuh sumbur. Sudah pasti semua ini membuat Indonesia menjadi negara yang kaya dan juga amat hijau.

Bahkan di dalam sebuah lagu juga disebutkan bahwa tongkat kayu dan batupun bisa jadi tanaman. Hal itu membuktikan bahwa betapa suburnya tanah Indonesia sehingga banyak jenis tanaman bisa tumbuh subur. Pasti hal ini adalah sebuah anugrah yang mesti disyukuri dan juga mesti dijaga agar tetap terlindungi.

Resep Gulai Cumi Isi Daun Singkong

Salah satu tongkat kayu yang dikatakan dalam lagu itu salah satunya yakni pohon singkong. Ya, tanaman singkong memang ditanam dari batangnya yang hanya ditancap ditanah saja. Tanaman ini memang amat serbaguna sebab selain umbinya yang digunakan atau dikonsumsi, namun daunnya pun adalah sebuah sayuran yang amat digemari. Nah kali ini kami akan membagikan sebuah resep tentang daun singkong yang pastinya beda dan juga spesial. Berikut ini resepnya khusus untuk Anda.

Resep Gulai Cumi Isi Daun Singkong

Bahan
1.000 gr cumi-cumi
3 ikat daun singkong muda, rebus, potong- potong
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
1 lbr daun kunyit, diikat
1 btg serai, diambil putihnya, dimemarkan
3 lbr daun jeruk, dibuang tulangnya
1 buah pekak
2 buah kapulaga
1/8 sendok teh jinten
2 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula pasir
1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus
4 buah cabai merah besar, buang biji
2 buah cabai merah keriting
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit, dibakar
1 cm jahe
2 sendok makan bawang goreng untuk taburan

Cara membuat
Isikan daun singkong pada perut cumi, sematlah dengan memakai potongan lidi. Lalu sisihkan. Lalu panaskan minyak. Tumis bumbu halus, lengkuas, daun kunyit, serai, daun jeruk, pekak, kapulaga, juga jinten sampai berbau harum. Tuangkan santan, garam, serta gula pasir. Masak sembari diaduk sampai air mendidih. Beri cumi. Masak dengan memakai api sedang sampai semua bahan matang. Aduk hingga merata. Sajikanlah dengan dilengkapi taburan bawang goreng.

Itulah resep gulai cumi isi daun singkong yang pastinya amat lezat dan juga istimewa. Resep ini pastinya sangat berbeda dan pastinya juga amat unik dan cocok sekali untuk dihidangkan sebagai menu makan siang maupun makan malam. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Gulai Cumi Isi Daun Singkong"

Posting Komentar