Resep Ayam Goreng Lengkuas

Resep ayam goreng lengkuas. Anda tentu mengetahui serial animasi Upin dan Ipin bukan? Ya, animasi ini memang merupakan salah satu animasi yang disukai oleh banyak anak di Indonesia. Serial animasi ini menceritakan tentang kehidupan anak kembar yang berasal dari sebuah desa di negara malaysia.

Salah satu ciri khas dari animasi ini yaitu ayam goreng. Kenapa ayam goreng? Karena salah satu dari kedua anak kembar itu yakni ipin, sangat menyukai ayam goreng. Seperti layaknya ipin, kita pun tentu suka bukan dengan ayam goreng? Rasanya yang lezat dan cara membuatnya yang praktis tentu saja sangat menarik untuk dicoba.

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Jenis bumbu yang digunakan dalam membuat ayam goreng pun sangat bermacam-macam. Salah satunya resep yang satu ini yaitu resep ayam goreng lengkuas. Hmm tentunya rasanya akan sangat kaya rempah. Penasaran untuk mencoba? Berikut ini resepnya untuk Anda.

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Bahan-bahan Yang Diperlukan
1 ekor ayam, potong menjadi 10 bagian
1 batg serai, memarkan
2 lbr daun salam
250 gr lengkuas, diparut
1/2 sdm air asam jawa dari 1 sendok teh asam jawa yang dilarutkan dalam 1 sdm air
250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri, sangrai
1 cm jahe
1 sendok makan garam
2 sendok teh gula merah

Cara membuat
Aduk hingga rata semua bahan. Masukkan ke dalam wajan. Masak di atas api kecil hingga matang dan juga meresap. Goreng ayam di dalam minyak yang telah dipanaskan di atas api sedang hingga kuning kecokelatan. Goreng juga sisa bumbunya. Hidangkan ayam dengan taburan gorengan bumbunya.

Nah, mudah sekali bukan? Aroma khas dari lengkuas tentunya sangat menarik dan dijamin akan membuat selera makan menjadi meningkat. semua anggota keluarga juga tentunta akan suka. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Ayam Goreng Lengkuas"

Posting Komentar