Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep ayam bakar bumbu rujak. Bagi sebagian orang, ayam bakar memang lebih disukai daripada ikan bakar, ayam goreng, atau masakan olahan ayam yang lainnya. Rasa ayamnya yang lezat serta aroma bakarnya yang khas, tentunya akan semakin membuat lidah Anda dimanjakan oleh keistimewaan cita rasa yang dihasilkan.

Membuat ayam bakar memang gampang-gampang susah. Tantangannya sendiri yaitu dalam hal membakar ayam. Jika tidak berhati-hati dan telaten membolak balikan ayamnya, tentunya akan menjadikan ayam itu gosong, sehingga masakannya menjadi gagal.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ayam bakar sendiri mempunyai beberapa macam. Perbedaan dari setiap jenisnya yakni dari segi bumbu yang digunakan. Yang lebih mudah dibuat pada umumnya yaitu ayam bakar bumbu kecap. Namun, jika Anda ingin mencoba cita rasa yang berbeda dan tentunya lebih meriah, cobalah untuk mencoba resep ayam bakar di bawah ini. Seperti apa? Berikut resepnya khusus untuk Anda.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bahan-bahan Ayam Bakar Bumbu Rujak
1 ekor ayam, potong menjadi 6 bagian
2 cm lengkuas
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
1 sdt air asam jawa
2 batang serai
2 sdm kecap manis
1 sdt gula merah
1/2 liter santan
1 sdt kaldu ayam
1/2 liter air kelapa
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Ayam Bakar Bumbu Rujak
1/2 sdt merica butiran
7 butir kemiri
2 cm jahe
4 siung bawang putih
8 buah bawang merah
8 buah cabai rawit ukuran sedang
2 cm kunyit
10 buah cabai merah besar, potong-potong
1/2 sdt ketumbar

Bahan Pelengkap
Daun kemangi secukupnya
Mentimun, potong bulat

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak
Cuci daging ayam yang akan dimasak dengan menggunakan air yang mengalir hingga bersih kemudian tiriskan sejenak.
Haluskan semua bumbu dengan cara diulek supaya rasanya lebih enak dan aromanya keluar. Panaskan minyak didalam wajan berukuran sedang.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai berbau harum. Kemudian masukkan air kelapa, air asam jawa, santan kental dan juga kaldu bubuk lalu aduk sebentar sampai tercampur dengan bumbu lain.
Masukkan daging ayam yang telah dipotong dan juga dicuci bersih kemudian aduk aduk lagi agar tercampur rata dengan bumbu.
Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas yang dimemarkan, serai dan tambahkan sedikit garam. Aduk hingga rata. Masak diatas api sedang hingga kecil dan ungkep hingga kuahnya menyusut.
Tambahkan kecap manis lalu aduk hingga rata. Masak sejenak kemudian matikan api. Siapkan api untuk memanggang ayam atau bisa juga memakai teflon yang telah diolesi sedikit mentega.
Bakar ayam diatas panggangan sembari olesi dengan bumbu rujak. Jangan lupa untuk membalikan ayam supaya tidak gosong.

Itulah resep bumbu ayam bakar bumbu rujak yang pastinya lezat dan sangat menggugah selera. Tentunya Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika mencicipi masakan ini. Karena cara membuatnya yang mudah dan juga cukup praktis, maka jangan ragu untuk mencoba Ya!

0 Response to "Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak"

Posting Komentar