Resep Pesmol Ikan Nila Khas Sunda

Resep pesmol ikan nila khas Sunda. Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia sangat kaya akan keragaman kulinernya. Sangat banyak kuliner yang tentunya telah kita kenal dan juga yang belum kita kenal. Setiap daerah memiliki keunikan serta kekhasan tersendiri mengenai makanan yang mereka ciptakan. Salah satunya yaitu masakan sunda yang terkenal dengan rasa dan juga penyajiannya yang khas.

Salah satu makanan yang terkenal di daerah sunda yaitu pesmol ikan. Pesmol ikan adalah salah satu makanan khas yang dibuat dengan bahan-bahan rempah khas seperti kemiri, kunyit, juga jahe. Pesmol ikan dapat dibuat dengan bahan dasar ikan apa saja, seperti bandeng, gurame, bahkan ikan nila.

Pesmol Ikan Nila Khas Sunda

Kali ini kami akan membagikan salah satu resep pesmol ikan yaitu pesmol ikan nila yang tentunya enak dan sangat praktis untuk dicoba di rumah. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini resep pesmol ikan nila yang lezat dan tentunya khas dan juga nikmat.

Resep Pesmol Ikan Nila


Bahan-bahan
2 ekor Ikan Nila yang sudah dibersihkan, potong 3 bagian
2 buah Jeruk nipis
1 sdm Garam untuk merendam ikan
3 lembar Daun salam
3 lembar Daun jeruk
2 buah Sereh ambil bagian putihnya lalu geprek
2 cm Lengkuas geprek
1 buah Tomat potong 6 bagian
10 buah Cabe rawit belah memanjang
2 buah Cabe merah keriting potong memanjang
2 buah Cabe hijau keriting potong memanjang
2 sdt Garam
1 sdt Gula
2 batang Bawang Daun iris serong
Minyak untuk menggoreng ikan
secukupnya Air

Bumbu yang dihaluskan
5 siung Bawang putih
10 butir Kemiri
2 cm Jahe
2 cm Kunyit

Cara Membuat
Rendam ikan yang telah dibersihkan di dalam perasan jeruk nipis juga garam supaya bau amisnya hilang. Simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 10 menit. Bersihkan ikan supaya hilang bekas air rendaman tersebut. Goreng ikan dengan menggunakan minyak yang banyak hingga kering. Lalu Sisihkan. Tumis lengkuas, sereh, daun salam dan juga daun jeruk. Tambahkan bumbu yang dihaluskan. Tumis hingga harum. Tambahkan tomat, lalu aduk. Masukkan air dan diamkan sampai mendidih. Tambahkan ikan yang sudah digoreng. Masukkan garam dan juga gula. Aduk rata sampai bumbu menyerap dan air agak surut. Terakhir tambahkan cabe merah, cabe hijau, cabe rawit dan juga bawang daun. Aduk hingga layu dan siap dihidangkan.

Itulah resep pesmol ikan yang tentunya khas dan sangat mudah untuk dicoba. tentunya menu yang satu ini akan sangat disukai oleh semua anggota keluarga karena rasanya yang khas, gurih, dan juga pedas. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Pesmol Ikan Nila Khas Sunda"

Posting Komentar