Tips Memasak Semur

Semur merupakan warisan kuliner Nusantara kita yang kaya rasa, warna budaya serta memiliki nilai historis. Melihat latar belakang sejarahnya, semur merupakan potret multikultural bangsa Indonesia, sehingga warisan kuliner Nusantara yang dibuat dengan sepenuh hati ini perlu dikembangkan sesuai dengan perkembangannya, baik rasa maupun penggunaan bahan dasarnya yang lebih beragam.

Memasak Semur

Untuk memperkaya ragam hidangan semur, Anda pun dapat mencoba berbagai bahan dan bumbu lain yang dapat memanjakan lidah keluarga Anda.

Yuk marii kita ikuti tips berikut dalam mengolah masakan semur :

  1. Mengganti ayam/daging yang biasa disemur dengan bagian daging yang lain. Misal: hati, limpa, babat, iga, atau buntut.
  2. Daging atau ayam yang biasanya ditumis bersama bumbu atau direbus didalam kuah semur dapat dibakar atau digoreng dulu sehingga tekstur dan rasanya menjadi berubah dan unik.
  3. Banyak semur kita yang memakai tomat. Sekali-sekali coba ganti tomat dengan saus tomat. Anda akan memperoleh rasa yang berbeda.
  4. Tambahan bumbu tradisional tertentu pasti menghasilkan semur yang berbeda juga. Misal keluak, terasi, ebi, petis. Tambahan ini tentu tak boleh terlalu banyak agar semur tidak jauh berubah.
  5. Bumbu aromatik seperti daun jeruk, daun mangkukan dan daun kemangi boleh-boleh saja dimasukkan dalam semur. Fungsinya untuk membuat harum masakan dan menghilangkan bau amis pada daging, ayam dan ikan.
  6. Lada biasa juga ditambahkan dalam pembuatan semur tetapi kalau ingin menonjolkan rasa pedas yang sedikit menyengat dapat ditambahkan merica hitam yang ditumbuk kasar.
  7. Tambahan lain bisa dilakukan dengan membubuhi santan agar semur terasa gurih.
  8. Olahan semur lain yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan tempe, sayuran atau jamur.
  9. Semur yang berwarna kecokelatan itu dapat disegarkan warnanya dengan menambahkan irisan cabai merah, cabai hijau, paprika dan irisan bawang bombay yang dimasukan menjelang diangkat agar tidak layu.
  10. Anda yang gemar rasa pedas, yuuukk kita tambahkan cabai merah keriting atau cabai rawit ke dalam racikan bumbu semur.
Nah itulah tips cara memasak semur yang enak. selamat mencoba.

0 Response to "Tips Memasak Semur"

Posting Komentar