Resep Ayam Goreng Balado Khas Padang Enak

Resep ayam goreng balado khas Padang enak. Masakan yang berbahan dasar ayam masih menjadi salah satu menu andalan yang banyak disukai terutama anak-anak hingga terkadang kita sendiri sampai bingung untuk mengolahnya menjadi apa. Berbagai variasi olahan daging ayam sangatlah beragam mulai dari digoreng, dibakar, dipanggang dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini kami akan mempraktekkan bagaimana cara membuat ayam goreng balado khas Padang yang enak dan lezat.

Mungkin Anda sudah terbiasa makan olahan daging ayam, namun bagi Anda yang belum mencoba resep ini silahkan Anda praktekkan siapa tahu ayam goreng balado bisa menjadi menu favorit keluarga Anda. Masakan ini adalah salah satu masakan khas Padang atau Minang, untuk cara membuatnya tidaklah sulit. Hampir sama dengan mengolah ayam pada umumnya hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan dengan bumbu yang digunakan.

Resep Ayam Goreng Balado Khas Padang

Bumbu untuk membuat ayam goreng balado lebih banyak dibandingkan dengan ayam goreng yang biasa kita buat. Baiklah, langsung saja silahkan Anda siapkan berbagai bahan yang digunakan seperti dibawah ini.

Resep ayam goreng balado khas Padang enak


Bahan yang digunakan
Daging ayam 1 kg
Daun salam 2 lmbr
Serai 2 btng
Air 500 ml liter
Lengkuas 2 cm
Minyak goreng secukupnya
Bahan Bumbu Halus :
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 6 butir
Kemiri 4 butir
Jahe 2 cm
Ketumbar 1 sdm
Garam 1 sdt

Bahan bumbu ulek
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 2 siung
Air asam jawa 3 sdm
Cabe merah besar 4 buah
Cabe merah keriting 10 buah
Gula pasir 1 sdt
Garam ½ sdt
Tomat 1 buah

Cara membuat ayam goreng balado khas Padang
1. Langkah pertama bersihkan terlebih dahulu daging ayam kemudian dipotong sesuai selera. Jika sudah, rebus daging ayam menggunakan air bersama dengan bahan bumbu halus seperti serai, daun salam, dan lengkuas hingga air menyusut.
2. Jika sudah, selanjutnya angkat daging ayam kemudian tiriskan. Goreng kembali daging ayam di atas minyak yang panas hingga berwarna kecoklatan dan angkat kembali.
3. Tumis bumbu kasar hingga tercium aroma wangi dan kembali daging ayam dimasukkan sambil diaduk agar bumbu rata dengan daging dan meresap ke daging.
4. Setelah dirasa masakan mulai matang, angkat dan letakkan kedalam wadah yang telah Anda siapkan.
5. Ayam goreng balado siap dihidangkan selagi hangat bersama nasi putih yang pulen.

Ada tiga tahap mengolahan daging ayam sehingga ketika selesai dan kita mencicipinya, tekstur daging ayam akan terasa lembut di lidah dan rasanya sedikit pedas namun tetap lezat untuk disantap bersama nasi putih. Menu ini sangat cocok dihidangkan untuk acara makan malam dan silahkan Anda coba kreasikan sendiri sesuai selera hati. Selamat mencoba resep masakan lokal yang satu ini!

0 Response to "Resep Ayam Goreng Balado Khas Padang Enak"

Posting Komentar