Resep Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Resep lempah kuning ikan asli Bangka. Mendengar nama lempah kuning ikan mungkin masih terdengar asing di telinga kita terutama orang jawa. Jenis masakan ini merupakan masakan asli khas Bangka, jika Anda berkunjung ke kota tersebut maka Anda dapat menjumpainya di pasar maupun tempat makan yang ada. Lempah kuning ikan ini memiliki rasa yang nikmat dan gurih dari kuah ikan yang lembut sehingga Anda wajib mencobanya.

Untuk membuat lempah kuning ikan diperlukan berbagai bahan dan bumbu rempah alami khas Indonesia yang dapat membuat masakan ini menjadi enak dan gurih. Lempah kuning ikan sangat cocok jika disajikan bersama nasi putih hangat yang akan menghangatkan suasana di keluarga Anda. Ikan yang harus Anda gunakan adalah ikan tenggiri dan Anda juga bisa menggantinya dengan ikan lain sesuai selera.

Resep Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Jika kita ingin mencicipi lempah kuning ikan, kita tidak perlu jauh-jauh datang ke pulau Bangka karena di rumah pun sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri. Siapkan berbagai peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat lempah kuning. Anda dapat membelinya dipasar tradisional atau supermarket terdekat.

Berikut ini beberapa bahan yang harus Anda cari untuk membuat lempah kuning ikan.

Resep Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Bahan-bahan yang digunakan
Daging ikan tenggiri 500 gr
Air jeruk nipis 1 sdm
Air 1 liter
Serai 1 btng
Lengkuas 1 cm
Air asam jawa 100 ml liter
Tomat 2 buah
Maggi blok rasa ayam 2 buah
Nanas 200 gr

Bahan-bahan untuk bumbu
Cabe merah keriting 3 buah
Bawang putih 1 siung
Bawang merah 3 siung
Terasi goreng ½ sdt
Kunyit 1 jari
Garam 1 sdt
Gula pasir 1 sdt

Cara membuat lempah kuning ikan khas Bangka
Pertama yang harus Anda lakukan adalah baur potongan ikan tenggiri dengan menggunakan air jeruk nipis. Tindakan ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada ikan tenggiri.
Selanjutnya panaskan air hingga mendidih bersama bumbu halus, serai, lengkuas, air asam jawa dan maggi blok setelah itu masukkan ikan dan biarkan hingga ikan matang.
Masukkan tomat dan buah nanas hingga hampir layu. Sesekali Anda boleh mencicipi masakan tersebut sudah sesuai atau belum dengan rasa yang diinginkan jika belum Anda bisa menambahkan bumbu yang dirasa kurang tersebut.
Jika sudah matang, angkat masakan dan lempah kuning ikan asli Bangka pun siap disajikan.

Cukup mudah membuat lempah kuning ikan asli Bangka ini, dibandingkan dengan membelinya kita harus mengeluarkan biaya yang banyak. Membuat sendiri selain untuk menghemat biaya juga memiliki kebanggaan tersendiri karena dapat membuat masakan bercitarasa tinggi dengan tangannya sendiri.

0 Response to "Resep Lempah Kuning Ikan Asli Bangka"

Posting Komentar