Resep Kue Wajik Gula Jawa Legit

Resep kue wajik gula Jawa legit. Kue wajik adalah kue tradisional yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Kue wajik biasanya dibuat dengan ketan atau beras ketan tepatnya. Jadi bahan dasar kue wajik itu ialah beras ketan dan gula merah yang lebih utama. Mungkin kue ini pernah mulai mengikis dan tidak pernah keliatan lagi di toko-toko. Padahal kalian juga pastinya kangen dengan makanan kue ini.
 Kue Wajik Gula Jawa Legit

Biasanya kue wajik ini mucul pada saat orang yang sedang mempunyai hajat atau juga pada acara khitanan dan perkawinan. Kue wajik hampir sama halnya dengan kue jenang. Kalo ada jenang pasti ada wajik, jadi wajik dan jenang itu emang tidak bisa dipisahkan. Untuk menghilngkan rasa kangen memakan kue wajik yang mungkin sudah lama sekali Anda tidak memakannya, mari kita langsung bikin kue wajik ini.

Resep kue wajik gula Jawa


Bahan-bahan kue wajik
1 liter beras ketan putih.
650 mili santan kelapa kental.
1 liter air panas.
3 lembar daun pandan.
1 kilogram gula merah.
1 sendok makan garam atau secukupnya.

Cara membuat kue wajik gula Jawa legit
1. Cuci beras ketan seperti kita mencuci beras biasanya dengan air yang bersih sampai beras keliatan lebih putih.
2. Lalu kita rendam beras selama kurang lebih dua jam lalu kita kukus beras ketan sekitar waktu 25 – 30 menit sampai beras keliatan mekar, lalu kita rebus gula merah dengan air sampai mendidih dan gula benar-benar larut. Apabila Anda ingin aroma kue wajik jadi lebih segar maka kita tambahkan pada rebusan daun pandan secukupnya.
3. Bila sudah, kita langsung masukkan beras yang sudah dikukus tadi ke dalam rebusan gula merah tadi, lalu tambahkan garam secukupnya, lalu kita diamkan sampai adonan meletup-letup seperti balon mau pecah dan sambil diaduk-aduk sampai mengental.
4. Aduk terus adonan wajik sampai benar-benar kental sehingga dapat dibentuk dengan tangan Anda.
5. Setelah semua sudah jadi, maka kita angkat adonan dan kita tuangkan adonan wajik pada loyang yang sudah diolesi minyak sayur, jadi adonan tidak akan lengket pada loyang. Lalu biarkan adonan sampai benar-benar dingin, lalu kita potong kue sesuai keinginan kita dan kue wajik kini siap disajikan untuk Anda dan rekan-rekan Anda.

Mudah-mudahan referensi ini dapat dijadikan Anda lebih banyak mengenal masakan-masakan tradisional dan masakan modern. Silahkan Anda mencobanya dan selamat atas kesuksesan masakan Anda mudah-mudahan berhasil.

0 Response to "Resep Kue Wajik Gula Jawa Legit"

Posting Komentar