Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut

Resep donat kentang empuk dan lembut. Salah satu jenis kue ini banyak sekali diminati, tidak salah jika banyak gerai-gerai yang menjual donat. Dari mulai yang bermerk, hingga dijual di pinggir jalan. Donat memiliki bentuk bulat dengan ciri khas ada lubang di bagian tengah, rasa yang manis dengan aneka toping.

Pada dasarnya, donat biasa dibuat dengan berbahan dasar terigu, namun dalam campuran bahan yang digunakan, ditambahkan pula kentang sebagai variasi dan kreasi kue kering ini. Donat kentang menjadi populer dan sudah memiliki penggemar tersendiri, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Selain Anda mengandalkan para penjual donat kentang, ada baiknya untuk mencoba sendiri membuat donat kentang empuk dan lembut ini di rumah.

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut

Bagi yang ingin mencoba membuat donat kentang ini, berikut kami sajikan resep dan cara membuat donat kentang yang empuk dan lembut. Selain bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemui, proses pembuatan kue donat kentang inipun terbilang mudah dan cepat selama mengikuti langkah-langkahnya.

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut


Bahan-bahan yang digunakan
1/2 kg tepung terigu
4 btr telur
1/4 kg kentang
1/4 kg mentega
11 gr ragi instan
1 sdt garam
4 sdm gula
3 sdm susu bubuk full cream
1 sdt baking powder
100 ml air
dan minyak goreng secukupnya

Bahan topping donat kentang
100 gr dark cooking chocolate
2 sdm margarine
Meises/tepung gula secukupnya

Cara membuat donat kentang empuk dan lembut
Potong kentang ke dalam beberapa bagian, rebus hingga benar-benar matang. Kemudian tumbuk atau blender hingga benar-benar halus.
Tuangkan terigu, susu bubuk, gula, telur, baking powder, ragi, dan kentang. Lalu aduk hingga merata lebih kurang selama 20 menit, diamkan adonan selama 30 menit hingga terlihat mengembang.
Tuangkan mentega, garam dan air, kemudian aduk merata hingga adonan kalis.
Bagi adonan ke dalam beberapa bagian, kemudian bentuklah seperti donat kebanyakan dengan memberi lubang di bagian tengah.
Tuang minyak, goreng donat menggunakan api yang kecil sampai warna donat menjadi kecoklatan.

Toping donat kentang
Hiasi donat kentang dengan memberikan taburan coklat meises di atasnya, agar meises lengket di atas donat, lakukan cara di bawah ini.
Iris coklat menjadi lebih kecil dengan pisau, kemudian tuangkan 2 sdm coklat dan margarine yang telah diiris tadi ke dalam wajan, lalu masak sampai mencair.
Celupkan bagian atas donat ke coklat cair, lalu taburkan meises.

Donat kentang empuk dan lembut telah siap, sajikan dan nikmati kue kering donat ini saat santai bersama keluarga Anda tercinta, sebagai teman sambil menonton televisi atau suguhkan juga kepada tamu Anda. Semoga resep donat kentang empuk dan lembut ini dapat membantu Anda dalam mengembang skill masak-memasak di rumah. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut"

Posting Komentar